Sejarah Distro dan Keunikannya di Indonesia

motioncloth.com - usaha yang berfokus untuk membuat t-shirt dan hoodie dengan desain sesuai tema  urban dan postive campaign "

Para anak muda pasti akrab dengan istilah distro atau “distribution store”Sejarah distro sendiri cukup unik, khususnya di Indonesia. Hingga kini, jenis toko yang khusus menjual pakaian dan aksesori ini menjadi industri kecil menengah dengan merk independen yang populer di kalangan anak muda.
Dibandingan dengan kaos pada umumnya, kaos distro ini memiliki pasar tersendiri. Jadi meskipun harganya mahal, produknya tetap digandrungi banyak peminat. Sifatnya yang eksklusif menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumennya.


Sejarah Distro di Indonesia

Pada pertengahan 1990-an tepatnya di kota Bandung, konsep distro di Indonesia berawal dari band-band independent atau indie untuk mempromosikan merchandise mereka. CD, kaset, T-shirt dan sticker menjadi produk andalan mereka yang dijual di tempat pertunjukan. Selain itu, mereka juga menjualnya di etalase dan rak dan juga menjadi sebuah usaha rumahan.
Bisnis ini diawali oleh komunitas musik, yang akhirnya merembet pada komunitas lain. Ada komunitas punk dan skateboard yang juga memiliki karakter unik tersendiri. Akhirnya mulai muncullah produk-produk dan juga brand distro di Indonesia. Bahkan kualitas produk distro Indonesia banyak yang kualiats eksport dan merambah pasar luar negeri.
Kini, ratusan brand distro sudah berkembang di Indonesia. Dan paling banyak ditemui ialah di Bandung sebagai cikal bakal sejarah distro di Indonesia. Hal ini menjadikan anak muda makin mudah mencari pakaian distro. Khususnya bagi anak muda yang mencari produk unik untuk mencerminkan identitas diri mereka.

Keunikan Produk Distro Dibanding Produk Di Pasaran???

 


Berani mematok harga mahal untuk produknya, tentunya distro memiliki keunikan tersendiri. Karenanya, anak-anak muda tak segan belanja kaos dengan harga mahal sekalipun. Beberapa keunikan serta keistimewaan produk-produk distro ialah :
  • Memiliki ciri khas khusus => setiap distro memberikan ciri khas khusus yang mereka tampilkan baik dalam desain maupun sablonnya. Inilah yang menjadi ciri dan identitas setiap komunitas yang bisa mereka temukan dalam produk distro.
  • Desainnya limited edition => sebisa mungkin, produk distro tidak mengeluarkan produk dalam jumlah massal pada desain tertentu. Hal inilah yang membuat produk mereka jadi eksklusif. Jadi, meskipun banyak peminatnya, jumlah produksi tetap dibatasi.
  • Bahannya berkualitas  => dengan harga yang lebih mahal dibanding harga kaos rata-rata di pasaran, distro memberikan bahan yang berkualitas. Untuk kegiatan anak muda yang aktif dan ekspresif, kaos ini akan lebih awet dan tetap nyaman dipakai.
  • Sablon lebih awet => bukan hanya kainnya saja, sablon dari distro pun juga awet dan tidak mudah rusak. Karenanya, produk ini menjadi kegemaran banyak anak muda di Indonesia.
  • Merasa percaya diri ketika memakainya => anak muda akan merasa keren dan percaya diri hanya dengan memakai kaos distro. Apalagi kaos tersebut memiliki brand yang ternama dan juga dipakai oleh orang-orang yang terkenal.
  • Menjadi identitas anak muda => kaos distro memang berbeda dari kaos pasaran. Ketika mereka memakai merk tertentu, maka mereka telah menunjukkan identitas diri mereka
Keunikan dan keistimewaan produk distro kini makin digandrungi anak muda. Perkembangan ini didukung berbagai faktor, seperti :
  • Adanya teknologi produksi yang makin canggih
  • Ketersediaan bahan berkualitas
  • Adanya media komunikasi yang beragam dan mudah diakses siapa saja
  • Teknologi desain digital yang makin keren
Berbagai faktor di atas menjadi daya dukung bagi produk-produk distro Indonesia untuk merambah pasar yang lebih luas lagi. Dilihat dari sejarah distro dan peluang kedepan, distro akan bisa tetap eksis dan bisa bersaing dengan produk dari luar negeri.

" Usaha distro berasal dari anak muda dan untuk anak muda, perlunya support dari kawula muda agar usaha ini terus eksis apalagi untuk brand local seperti Motioncloth.com " #LOCALPRIDE


Komentar